dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dunia perbankan yang
semakin pesat. Persaingan antar bank disekitar masyarakat akan memberikan
dampak positif bagi nasabah itu sendiri seperti kemudahan dalam bertransaksi
baik dari segi layanan maupun jangkauan lokasinya. Selain itu nasabah juga akan
memiliki banyak pilihan sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan
layanan dalam suatu bank tertentu. Penelitian ini adalah penelitian yang
dilakukan pada salah satu bank syariah dan bank konvensional di wilayah Jember
yaitu Bank Muamalat dan Bank BRI. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui dan memahami persepsi nasabah terhadap bank syariah serta bank
konvensional di jember. Bank syariah dalam beroperasi berpegang pada nilainilai
dan prinsip syariah, sedangkan bank konvensional tidak seperti itu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi, karena menjelaskan pengalaman-pengalaman yang dialami oleh
orang di dalam kehidupan, temasuk interaksi dengan orang lain. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis datanya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah nasabah memilih menggunakan bank syariah
dengan persepsi bahwa bank syariah memiliki biaya administrasi yang murah atau
ringan dan memiliki pelayanan yang ramah, sedangkan memilih bank
konvensional dengan persepsi bahwa bank memiliki jangkauan lokasi yang luas
dan ATM yang banyak sehingga mudah ditemui untuk melakukan transaksi
dimana-mana. Sebagian besar dari nasabah memilih menggunakan bank tertentu
bukan didasari oleh halal atau haramnya bunga yang didapat, tetapi karena
kemudahan yang diberikan oleh bank tersebut | en_US |