Show simple item record

dc.contributor.advisorHalim, Abdul
dc.contributor.advisorPrasodjo, Adi
dc.contributor.authorAgustiningrum, Tiyas
dc.date.accessioned2015-12-01T03:20:00Z
dc.date.available2015-12-01T03:20:00Z
dc.date.issued2015-12-01
dc.identifier.nim110810201042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65326
dc.description.abstractPerkembangan dunia pariwisata di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang signifikan sehingga mempengaruhi banyaknya biro yang bergerak di bidang sektor jasa. Jasa pariwisata yang mendapat tempat di setiap sudut usaha salah satunya adalah bisnis jasa travel. Penggunaan jasa travel di Indonesia kini sangat populer karena jasa ini sangat memudahkan perjalanan bisnis atau wisata dengan efektifitas, kecepatan,dan minimalisasi keluhan selama perjalanan. Namun perusahaan jasa travel harus memberikan layanan yang berkualitas kepada para konsumennya. Kualitas layanan jasa harus dimulai dari kebutuhan konsumen dan berakhir pada persepsi konsumen. Hal ini berarti bahwa citra kualitas yang baik bukan berdasarkan sudut pandang atau persepsi pihak penyedia jasa, melainkan berdasarkan sudut pandang atau persepsi konsumen. Kebutuhan dan keinginan konsumen yang satu dengan yang lain pasti berbeda. Perbedaan kebutuhan dan keinginan konsumen berdasarkan jenis kelamin sangat penting untuk diketahui, karena laki-laki dan wanita pasti mempunyai perbedaan dalam memilih barang atau jasa yang akan mereka gunakan. Salah satu perusahaan jasa travel yang memberikan penawaran layanan jasa yang berkualitas adalah Nuansa Summer HolidayTour & Travel di Kabupaten Jember. Nuansa Summer Holiday Tour & Travel di Kabupaten Jember sudah memiliki banyak konsumen yang terdiri dari laki-laki dan wanita. Nuansa Summer Holiday Tour & Travel di Kabupaten Jember menawarkan berbagai macam layanan jasa diantaranya tour, travel, pemesanan tiket pesawat, dan perjalanan dinas. Dalam menawarkan jasanya Nuansa Summer Holiday Tour & Travel di Kabupaten Jember selalu mempertimbangkan kualitas layanan jasa yang viii diberikan kepada para konsumennya. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi harapan konsumen atas jasa yang ditawarkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah konsumen laki-laki dan wanita dari Nuansa Summer Holiday Tour & Travel sebanyak 70 orang yaitu 35 konsumen laki-laki dan 35 wanita. Teknik Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu responden dipilih sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Chi square. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui posisi kualitas layanan jasa travel bila ditinjau dari atribut-atribut yang dirasakan konsumen melalui skala prioritas konsumen laki-laki dan wanita. Chi square digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara konsumen laki-laki dan wanita dalam memilih kualitas layanan yang dirasakan pada saat menggunakan jasa travel. Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa urutan prioritas untuk konsumen laki-laki yaitu atribut keandalan, bukti fisik, daya tanggap, empati dan jaminan. Urutan prioritas untuk konsumen wanita yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, empati dan jaminan. Sehingga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara konsumen laki-laki dan konsumen wanita untuk menentukan atribut-atribut yang dianggap penting melalui kualitas layanan jasa pada Nuansa Summer Holiday Tour & Travel di Kabupaten Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKualitas Layanan Jasa Travelen_US
dc.subjectPersepsi Konsumenen_US
dc.titleAnalisis Perbedaan Kualitas Layanan Jasa Travel Menurut Persepsi Konsumen Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Nuansa Summer Holiday Tour & Travel Di Kabupaten Jemberen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record