Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Desi Sandra
dc.contributor.authorArina, Yuliana Mahdiyah Daat
dc.contributor.authorErmawati, Tantin
dc.date.accessioned2015-11-30T03:12:00Z
dc.date.available2015-11-30T03:12:00Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65027
dc.description.abstractUsaha kesehatan gigi sekolah (UKGS) merupakan usaha untuk meningkatkan derajad kesehatan gigi dan mulut para siswa sekolah dasar. Kegiatan UKGS meliputi dental education dan pemeriksaan gigi dan mulut. Program ini biasanya di lakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas setempat, tetepi karena terbatasnya tenaga kesehatan maka program ini tidak berjalan maksimal. Dalam pelaksanaannya UKGS dibantu oleh guru, guru merupakan kunci utama untuk merubah tingkah laku anak didiknya sehingga peranan guru tersebut sangat menentukan berhasilnya UKGS. Metode dalam menilai peran guru dalam keberhasilan program UKGS dengan menilai pretes dan postes soal pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, mengevalusi ketrampilan guru dalam mengisi kartu status kipas gigi, menilai tingkat kebersihan gigi dan mulut siswa dengan indeks OHI-S. Data yang diperoleh di analisis secara diskriptif. Hasil total pretes dan postes yang diperoleh dari jumlah guru 48 orang yang mengikuti penyuluhan dan pelatihan ini sebanyak 30 guru mendapat nilai diatas 60, dan sisanya 18 mendapat nilai dibawah 60 tetapi tidak ada yang mendapat nilai 0. Kemampuan guru dalam menjawab soal kesehatan gigi dan mulut lebih dari 50% mendapat nilai diatas 60.en_US
dc.description.sponsorshipDitlitabmasen_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseriesIbM;
dc.subjectIbM Pendanaan 2013en_US
dc.subjectUKGSen_US
dc.subjectGuru Kesehatan gigi dan muluten_US
dc.subjectkipas gigien_US
dc.titlePERAN GURU DALAM KEBERHASILAN PROGRAM UKGSen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record