Show simple item record

dc.contributor.advisorHadi, Alfian Futuhul
dc.contributor.advisorAnggraeni, Dian
dc.contributor.authorAlfian, Alfa Rijal
dc.date.accessioned2015-11-30T01:16:49Z
dc.date.available2015-11-30T01:16:49Z
dc.date.issued2015-11-30
dc.identifier.nim071810101108
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64987
dc.description.abstractTeori respon item merupakan teori pengukuran modern yang digunakan dalam menganalisis item. Pada teori respon item ada beberapa model yang bisa digunakan dalam analisis, yaitu model logistik satu parameter (1-PL-model) adalah model yang melibatkan parameter tingkat kesulitan item, model logistik satu parameter biasa disebut Rasch Model (RM). Model logistik dua parameter (2-PL-model) adalah model yang melibatkan parameter tingkat kesulitan item dan parameter daya beda. Model logistik tiga parameter (3-PL-model) adalah model yang melibatkan parameter tingkat kesulitan item, daya beda dan parameter tebakan semu (pseudoguessing). Pada penelitian ini model yang digunakan adalah model logistik satu parameter (1-PL-model) atau yang biasa disebut Rasch Model (RM). Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan teori pengukuran modern yaitu teori respon item dengan menggunakan rasch model (RM) dalam menentukan tingkat kesukaran dan karakteristik item. Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah respon siswa kelas IX Rumah Belajar Genius di Bangil-Pasuruan terhadap materi soal Ujian Nasional mata pelajaran Matematika tahun ajaran 2013/2014. Item tes pada penelitian ini dipilih 5 item soal secara acak pada materi kelas IX, yaitu item 1 merupakan materi tentang kesebangunan, item 2 materi tentang akar dan pangkat, item 3 materi tentang barisan dan deret, item 4 materi tentang peluang dan item 5 materi tentang bangun ruang. Analisis menggunakan software R dengan paket ltm. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh tingkat kesukaran item paling besar adalah item 3 yaitu materi tes tentang barisan dan deret dengan tingkat kesukaran item sebesar 1,93; item 1 yaitu materi tes tentang kesebangunan dengan tingkat kesukaran item sebesar 1,65; item 5 yaitu materi tes tentang bangun ruang dengan tingkat kesukaran item sebesar -0,24; item 2 yaitu materi tes tentang akar dan pangkat dengan tingkat kesukaran sebesar -0,88 dan tingkat kesukaran paling rendah adalah item 4 yaitu materi tes tentang peluang dengan tingkat kesukaran item sebesar -1,74. Berdasarkan fungsi informasi tes yang diperolah perangkat tes mampu membedakan peserta yang memiliki kemampuan jauh dibawah rata-rata maupun peserta yang memiliki kemampuan jauh diatas rata-rata dengan total informasi yang diberikan oleh perangkat tes tersebut sebesar 4,99. Informasi yang diberikan ketika kemampuan peserta berada jauh dibawah rata-rata ( ) sampai kemampuan peserta berada pada tingkat rata-rata ( ) sebesar 2,24 atau 44,79% dan informasi yang diberikan ketika kemampuan peserta berada pada tingkat rata-rata ( ) sampai kemampuan peserta jauh diatas rata-rata ( ) sebesar 2,36 atau 47,39%.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTEORI RESPON ITEMen_US
dc.subjectRASCH MODEL (RM)en_US
dc.titleTEORI RESPON ITEM DENGAN MENGGUNAKAN RASCH MODEL (RM)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record