Show simple item record

dc.contributor.advisorDian Kurniati
dc.contributor.authorYoanda Virnia S
dc.contributor.authorToto' Bara Setiawan
dc.contributor.authorDian Kurniati
dc.date.accessioned2015-10-12T05:11:23Z
dc.date.available2015-10-12T05:11:23Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64209
dc.description.abstractFakta tentang banyak siswa yang memiliki pemikiran bahwa pelajaran matematika itu sulit dapat menjadi salah satu penyebab kurangnya kemandirian belajar siswa. Motivasi dari guru sangat berperan dalam membentuk karakter kemandirian belajar siswa. Banyak upaya untuk mengatasi ketidakmandirian siswa, salah satunya yaitu kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Kolaborasi ini dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Lesson Study dimana guru secara kolaboratif dan berkesinambungan melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujian untuk (1) mengkaji dan mendeskripsikan motivasi guru pada pembelajaran matematika berbasis Lesson Study pada sub pokok bahasan luas lingkaran dan dapat membentuk karakter kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso, dan (2) mengkaji dan mendeskripsikan kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso selama proses pembelajaran matematika berbasis Lesson Sttudy pada sub pokok bahasan luas lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan serta peningkatan karakter kemandirian belajar siswa dari sebelum penelitian dilaksanakan ke Siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II. Siswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri ketika guru berupaya maksimal dalam memotivasi siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMotivasi Guruen_US
dc.subjectKemandirian Belajaren_US
dc.subjectPembelajaran Matematika Berbasis Lesson Studyen_US
dc.titleMotivasi Guru Untuk Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso Melalui Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study Pada Sub Pokok Bahasan Luas Lingkaranen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record