dc.description.abstract | Fakta tentang banyak siswa yang memiliki pemikiran bahwa pelajaran matematika itu sulit dapat menjadi salah satu penyebab kurangnya kemandirian belajar siswa. Motivasi dari guru sangat berperan dalam membentuk karakter kemandirian belajar siswa. Banyak upaya untuk mengatasi ketidakmandirian siswa, salah satunya yaitu kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Kolaborasi ini dapat dilakukan dengan pembelajaran berbasis Lesson Study dimana guru secara kolaboratif dan berkesinambungan melaksanakan, mengobservasi, dan melaporkan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujian untuk (1) mengkaji dan mendeskripsikan motivasi guru pada pembelajaran matematika berbasis Lesson Study pada sub pokok bahasan luas lingkaran dan dapat membentuk karakter kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso, dan (2) mengkaji dan mendeskripsikan kemandirian belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Bondowoso selama proses pembelajaran matematika berbasis Lesson Sttudy pada sub pokok bahasan luas lingkaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan serta peningkatan karakter kemandirian belajar siswa dari sebelum penelitian dilaksanakan ke Siklus I dan dari Siklus I ke Siklus II. Siswa lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri ketika guru berupaya maksimal dalam memotivasi siswa. | en_US |