dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mandiro 2 Tegalampel Bondowoso dengan tujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) melalui metode eksperimen untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah guru mengajar masih menggunakan cara konvensional. Pada saat pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa mendengarkan materi yang disampaikan guru dan mengerjakan tugas-tugas. Guru menjadi satu-satunya penggerak dalam proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa yang rendah mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi. Oleh karena itu, diterapkan pendekatan SAVI pada pembelajaran IPA melalui metode eksperimen yang membuat siswa lebih aktif dalam berfikir, berbuat serta menyelesaikan masalah secara ilmiah. Perpaduan gerakan fisik dan aktivitas intelektual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus model Kemmis dan Mc. Taggart, penerapan pendekatan SAVI melalui metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |