Show simple item record

dc.contributor.authorTitik Kurniawati
dc.contributor.authorSinggih Bektiarso
dc.contributor.authorAgustiningsih
dc.date.accessioned2015-10-09T00:57:12Z
dc.date.available2015-10-09T00:57:12Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64175
dc.description.abstractPenerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Klungkung 03 Jember. Penerapan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) digunakan untuk mengatasi permasalahan rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa di SDN Klungkung 03 Jember. Pendekatan pembelajaran SAVI merupakan pendekatan pembelajaran yang mengkombinasikan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual serta memanfaatkan semua alat indra yang dapat berpengaruh besar dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI) mengalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 59,37% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 82,27% dengan kategori aktif. Peningkatan aktifitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,9%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap pertemuannya. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,26% men_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectSOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI)en_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) SISWA KELAS V SDN KLUNGKUNG 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record