dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ampel 04 Wuluhan Jember dengan tujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III di SDN Ampel 04 Wuluhan Jember.Hal ini dikarenakan aktivtas belajar siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa sedang pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 3 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas belajar siswa siklus I 53,25% (kategori cukup aktif), mengalami peningkatan 17,94% pada siklus II menjadi 71,19% (kategori aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 67,04 (kategori cukup) dan pada siklus II sebesar 73,78 (kategori baik). | en_US |