dc.description.abstract | Penelitian ini membahas penerapan metode demonstrasi pada studi pelajaran Ekonomi di kejar paket C UPTD Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso Tahun 2013. Dengan penerapan metode demonstrasi, warga beajar dapat lebih aktif karena memberikan pemahaman materi secara tepat yaitu dengan memperagakan materi yang dipelajari dan membuktikan secara langsung tentang konsep materi yang dipelajari. Adapun permasalahannya adalah bagaimanakah meningkatkan aktivitas pelajar pada studi mata pelajaran Ekonomi melalui penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada kejar paket C di UPTD SKB Bondowoso Tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar warga belajar kejar paket C. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive sampling area dengan jenis PTK (penelitian tindakan kelas). Metode pengumpulan data menggunakan metode checklist dengan 35 warga belajar responden, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan aktivitas warga belajar mengalami peningkatan yaitu 64,40% meningkat menjadi 68,80%. Pengikatan hasil belajar warga belajar yaitu dari 14,28% menjadi 68% pada siklus I dan 68% menjadi 92% pada silkus II. Hasil ini telah memenuhi syarat ketuntasan klasikal yaitu ketuntasan warga belajar mencapai ≥92% yaitu melebihi ≥65%. Dari hal tersebut maka peneliti telah mencapai ketuntasan klasikal sebesar ≥92% diketahui bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar warga belajar pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan permintaan dan penawaran kejar paket C di UPTD SKB Bondowoso Tahun 2013. | en_US |