dc.description.abstract | Dalam perkembangannya pendidikan anak usia dini belum dapat berjalan maksimal sesuai dengan harapan, masih banyak kendala dan hambatan yang dialami. Hasil wawancara dan observasi awal yang dilakukan peneliti di PAUD Aisyah Desa Karang Pranti Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo diperoleh informasi bahwa tenaga pengajar yang ada di PAUD tersebut adalah kelompok ibu-ibu rumah tangga yang memiliki keinginan untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak di usia dini, jenjang pendidikan terakhir yang pernah mereka tempuh hanya sebatas SMA. Sebagian besar dari tenaga pengajarnya kurang mengetahui secara mendalam tentang perkembangan anak. Sarana dan prasarana yang ada di PAUD tersebut masih minim. Sebagian besar siswa yang bersekolah di PAUD tersebut memiliki perkembangan motorik halus yang belum maksimal. Selain itu siswa yang bersekolah di PAUD tersebut juga memiliki kemampuan yang belum maksimal dalam hal menulis, menggambar, dan mewarnai mereka lebih mampu dalam bermain melompat, berlari, dan permainan menaiki dan munuruni tangga. Tujuan dilakukannya penelitian ini Untuk mengetahui besarnya hubungan antara kegiatan menggambar dengan perkembangan motorik halus pada anak usia dini di PAUD Aisyah desa Karang Pranti kecamatan Pajarakan kabupaten Probolinggo. Dengan manfaat yang dapat dicapai dari hasil penelitian ini yaitu untuk kepentingan pribadi, institusi, maupun masyarakat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu rhohitung sebesar 0.979 dan rhotabel sebesar 0.544 dengan rhohitung lebih besar daripada rhotabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini“Ada hubungan yang sangat kuat antara kegiatan menggambar dengan perkembangan motorik halus pada anak usia dini di PAUD Aisyah desa Karang Pranti kecamatan Pajarakan kabupaten Probolinggo”. Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini yaitu hendaknya guru mengetahui berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak, agar perkembangan anak dapat berjalan maksimal. | en_US |