Show simple item record

dc.contributor.authorU'ul Ulinuha Rahajeng Widhaning
dc.contributor.authorSusi Setiawani
dc.contributor.authorDian Kurniati
dc.date.accessioned2015-10-08T02:19:10Z
dc.date.available2015-10-08T02:19:10Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64156
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap dan pengetahuan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jember pada bulan April 2015. Sampel yang diambil adalah 2 kelas homogen yang dipilih berdasarkan keadaan lingkungan kelasnya yang sesuai dengan persyaratan Lingkungan Belajar Berbasis Kelas. Lingkungan Belajar Berbasis Kelas diukur menggunakan adaptasi skala (Actual Classroom Environment Scale) ACES [6], sikap diukur menggunakan Skala Sikap Siswa terhadap Matematika dan pengetahuan diukur menggunakan pre-test dan post-test yang dibuat oleh peneliti. Hasil uji t (independent sample test) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap siswa (p=0,000<0,05) dan terhadap pengetahuan siswa (p=0,000<0,05). Selain itu, model regresi menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar Berbasis Kelas memberikan sumbangan efektif sebesar 27% terhadap sikap siswa (r2 =0,267), serta 33% terhadap pengetahuan siswa (r2). Hasil penelitian menunjukkan Lingkungan Belajar Berbasis Kelas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap siswa , meskipun tidak besar. Hal ini karena adanya variabel lain yang mempengaruhi sikap siswa yaitu faktor guru, faktor lingkungan belajar dan faktor lingkungan kelas.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectLingkungan Belajar Berbasis Kelasen_US
dc.subjectsikapen_US
dc.subjectpengetahuanen_US
dc.titlePengaruh Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap Sikap dan Pengetahuan Siswa Kelas X Pokok Bahasan Statistikaen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record