Show simple item record

dc.contributor.authorTristian Febriana Nilasari
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorNurcholif Diah Sri Lestari
dc.date.accessioned2015-10-08T01:19:01Z
dc.date.available2015-10-08T01:19:01Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64146
dc.description.abstractKenyataan yang menunjukkan bahwa siswa masih sering mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal sehingga mereka melakukan kesalahan dalam menjawab. Kesalahan siswa sering tidak ditindaklanjuti dengan melihat penyebab dari respon kesalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal himpunan. Kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan Watson terdiri dari delapan kategori. Delapan kategori tersebut yaitu kesalahan data tidak tepat, kesalahan prosedur tidak tepat, kesalahan data hilang, kesalahan kesimpulan hilang, kesalahan konflik level respon, kesalahan manipulasi tidak langsung, kesalahan masalah hirarkhi keterampilan, dan kesalahan selain ketujuh kategori di atas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa kesalahan utama yang dilakukan siswa yaitu kesalahan masalah hirarkhi keterampilan. Bagi guru sebaiknya memberikan soal-soal dengan berbagai variasi soal dan bagi siswa sebaiknya banyak berlatih mengerjakan soal-soal dengan tipe soal yang berbeda-beda, untuk meningkatkan pemahaman dalam penghitungan.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectKesalahan Siswaen_US
dc.subjectKategori Watsonen_US
dc.subjectAnalisis Kesalahanen_US
dc.subjectHimpunanen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON DALAM MENYELESAIKANen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [983]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record