Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning disertai Media Kartu Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dan Hasil Belajar
View/ Open
Date
2015Author
Tina Wahyu Lestari
Sudarti
Bambang Supriadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini berfokus pada penerapan model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran discovery learning media kartu masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA dan pengaruh model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di SMPN 10 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis untuk kemampuan berpikir kritis sebesar 0,026 ≤ 0,05. Hasil analisis untuk hasil belajar kompetensi sikap sebesar 0,006 ≤ 0,05, kompetensi ketrampilan sebesar 0,0005 ≤ 0,05, dan kompetensi pengetahuan sebesar 0,075 ˃ 0,05. Berdasarkan hasil uji t, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Model pembelajaran discovery learning disertai media kartu masalah berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kompetensi sikap dan ketrampilan, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kompetensi pengetahuan.
Collections
- SRA-Education [1352]