dc.description.abstract | Aktivitas belajar siswa tidak selamanya berlangsung sesuai dengan apa yang diinginkan, terkadang cepat menangkap apa yang dipelajari dan terkadang sulit untuk memahami. Dalam hal motivasi pun terkadang tinggi dan terkadang juga sulit untuk berkonsentrasi dalam belajar. Pada siswa menurunnya hasil belajar juga merupakan hal yang tidak mudah untuk dapat menghindarinya. Penurunan hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan strategi pembelajaran yang masih banyak didominasi oleh metode ceramah. Penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dengan media animasi flash dapat dilakukan pada proses pembelajaran IPA-Biologi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 1 Silo semester genap tahun ajaran 2013/2014. Hasil yang didapatkan dari pembelajaran yang dilaksanakan terjadi peningkatan motivasi belajar, pada aspek attention meningkat sebesar 13,32 %, aspek relevance meningkat sebesar 11,4 %, aspek confidence meningkat sebesar 12,46 %, dan aspek satisfaction meningkat sebesar 9,34 %. Ketuntasan aspek kognitif dari pra siklus ke siklus 1 meningkat sebesar 40,01 %, dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat sebesar 22,85 % dan dari pra siklus ke siklus 2 meningkat sebesar 62,86 %. Aspek afektif mengalami peningkatan ketuntasan dari pra siklus ke siklus 1 sebesar 17,14 %, dari siklus 1 ke silus 2 meningkat sebesar 25,71 %, dan dari pra siklus ke siklus 2 meningkat sebesar 42,85%. | en_US |