Show simple item record

dc.contributor.authorTathmainul Qulub
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorSusi Setiawani
dc.date.accessioned2015-10-07T08:21:51Z
dc.date.available2015-10-07T08:21:51Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64129
dc.description.abstractAbstrak Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil penelitian yang berupa paket tes yang terdiri dari kisi-kisi tes, soal terbuka yang mencakup 4 kriteria berpikir kreatif yaitu kebaruan, kelancaran, keluwesan dan elaborasi, kriteria alternatif jawaban dan pedoman penskoran. Peket tes ini kemudian digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dengan subjek segiempat dan segitiga sesuai dengan materi SMP kelas VII. Penentuan tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan dengan menggunkan skor siswa dan dilevelkan sesuai dengan 5 Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) yaitu TKBK 4, TKBK, 3, TKBK 2, TKBK 1, dan TKBK 0. Penelitian ini menggunakan prosedur four-D. Selama proses pengembangan, paket tes disebut draf. Pertama-tama dilakukan penilaian ahli oleh 4 validator ahli. Dari tahap penilaian ahli ini didapatkan nilai validitas setiap butir soal pada paket A secara berturut-turut adalah 0,966, 0,996, 0,968, dan 0,996. Sedangkan untuk nilai validasi paket B adalah 0,999, 0,999, 0,987, dan 0,999. Artinya, setiap soal pada kedua paket tes memiliki interpretasi validitas yang sangat tinggi. Selain analisis validitas, pada uji penilaian ahli juga dilakukan perbaikan terhadap saran dari 4 validator ahli agar draf yang dihasilkan layak untuk diuji cobakan ke lapangan. Pada uji coba lapangan analisis reliabilitas untuk paket A senilai 0,403914 dan B senilai 0,410742, artinya keduanya memiliki reliabilitas cukup. Secara umum pada kedua paket tes, soal nomor 1, 2, dan 3 memiliki interpretasi yang cukup baik, sedangkan soal nomor 4 memiliki interpretasi yang buruk karena tidak ada siswa yang mampu mengerjakan soal nomor 4 dengan baik dan benar. Dalam sekali uji coba lapangan ternyata secara umum draf yang dihasilkan telah memenuhi kriteria sesuai indikator berpikir kreatif maupun kriteria validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Sehingga pada akhirnya diperoleh paket tes yang baik dan layak diimplementasikan oleh peneliti lain maupun pendidik untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectBerpikir kreatifen_US
dc.subjectSegiempaten_US
dc.subjectSegitigaen_US
dc.subjectSoal terbuka.en_US
dc.titlePengembangan Paket Tes Soal Terbuka (Open-Ended Problem) untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pokok Bahasanen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record