dc.description.abstract | Pembelajaran IPA diharapkan menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri-sendiri dan alam sekitar. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar memahami alam sekitar secara ilmiah. Metode eksperimen merupakan contoh metode yang sesuai dengan pembelajaran IPA karena mampu memberikan kondisi belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan kreativitas secara optimal. Siswa diberi kesempatan untuk menyusun sendiri konsep-konsep dalam struktur kognitifnya, selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah 27 siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Skor tes siswa berupa nilai hasil dokumentasi nilai ulangan harian dan nilai tes akhir tiap siklus yang dianalisis dengan menggunakan rumus aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil analisis dengan rumus aktivitas siswa diperoleh persentase sebesar 65,1% pada siklus I dan 79% pada siklus II. Skor hasil belajar siswa diperoleh 61,4 pada siklus I dan 73,3 pada siklus II. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas dan belajar siswa. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan belajar siswa pada penerapan metode eksperimen terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember. | en_US |