dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 01 Jember dengan subjek penelitian siswa kelas IVA terdiri atas 41 siswa dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial semester II tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode sosiodrama. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas IVA yang masih rendah, salah satu sebabnya adalah selama pembelajaran IPS siswa menunjukkan sikap yang pasif yang menandakan siswa kurang bersemangat dalam belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan metode sosiodrama dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa IVA di SDN Kepatihan 01 Jember. Pada siklus 1, presentase aktivitas belajar siswa mencapai 76,72%, mengalami peningkatan sebesar 11,38% menjadi 88,10% pada siklus 2. Presentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 78,04% mengalami peningkatan sebesar 9,76 menjadi 87,80% pada siklus 2. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode sosiodrama pada mata pelajaran IPS materi masalah sosial dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA di SDN Kepatihan 01 Jember. | en_US |