Show simple item record

dc.contributor.authorSiti Lailatus Saadah
dc.contributor.authorArju Mutiah
dc.contributor.authorFuroidatul Husniah
dc.date.accessioned2015-10-07T02:46:51Z
dc.date.available2015-10-07T02:46:51Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64099
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam  mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi melalui penerapan metode acrostic. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, yakni siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan satu kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi yang dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus II yang sudah mengalami peningkatan dibandingkan siklus I dan sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 80, yakni 81,62 dibandingkan siklus I 79,78. Sebelum dilaksanakan tindakan, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa (24,1%) dan 22 siswa (75,9%) belum tuntas. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat, yakni 17 siswa (60,71%) tuntas dan 11 siswa (39,29%) belum tuntas. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 29 siswa (100%). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode acrostic dapat meningkatkan kemampuan mengonversi teks anekdot ke dalam teks puisi pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Jemberen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmetode acrosticen_US
dc.subjectmengonversien_US
dc.subjectteks anekdoten_US
dc.subjectteks puisi.en_US
dc.titlePenerapan Metode Acrosticen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record