• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 1 CANDIPURO MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING

    Thumbnail
    View/Open
    SEKAR MIADIARTI.pdf (269.4Kb)
    Date
    2014
    Author
    Sekar Miadiarti
    Arju Muti’ah
    Muji
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan menulis teks berita merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa. Kenyataan yang ada di SMPN 1 Candipuro berdasarkan hasil observasi di kelas VIIIA siswa kesulitan dalam menulis teks berita. Hal tersebut ditunjukkan dari siswa belum mampu menulis teks berita secara lengkap dengan memenuhi unsur-unsur 5W+1H. Nilai rata-rata siswa 70 dan nilai terendah yang diperoleh siswa adalah 50. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dipilih pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping. Penerapan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIIIA SMPN 1 Candipuro. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) penerapan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data yakni wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya hasil belajar secara klasikal dari 78,29 pada siklus I menjadi 85,76 pada siklus II. Jumlah siswa yang dapat mencapai KKM pada siklus I sebanyak 67% atau sebanyak 23 siswa. Pada siklus II, jumlah siswa yang dapat mencapai KKM sebanyak 91% atau sebanyak 31 siswa.Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64074
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository