Show simple item record

dc.contributor.authorSeftya Ayu S
dc.contributor.authorMisno A. Latief
dc.contributor.authorChumi Zahroul F.
dc.date.accessioned2015-10-06T05:16:32Z
dc.date.available2015-10-06T05:16:32Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64073
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Sukorambi IV Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn pokok bahasan memahami kebebasan berorganisasi pada siswa kelas V SDN Sukorambi IV Jember. Hal ini dikarenakan hasil belajar mengajar guru belum maksimal. Komunikasi dan interaksi antar guru dan murid maupun antar murid sendiri yang berhubungan dengan pembelajaran sedang berlangsung masih kurang aktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dengan empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase peningkatan aktivitas belajar siswa pada tahap prasiklus sebesar 20,46% (tidak aktif) kemudian siklus I sebesar 50,95% (kurang aktif) kemudian meningkat pada siklus II dengan menunjukkan peningkatan sebesar 68,95% (aktif). Peningkatan hasil belajar siswa mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap pra siklus sebesar 62,76% (cukup baik), siklus I meningkat menjadi 68,70% (cukup baik ) dan siklus II sebesar 73,91% (baik).en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Guided Note Taking (GNT),en_US
dc.subjectAkitivitas Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelasen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking (GNT)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record