dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menelaah: (1) jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan kategori kesalahan menurut Watson, (2) persentase masing-masing kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan perkalian dan pembagian pecahan berdasarkan kategori kesalahan menurut Watson, dan (3) faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Responden penelitian terdiri atas 32 siswa, 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan metode tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan perkalian dan pembagian pecahan adalah kesalahan prosedur tidak tepat, kesalahan kesimpulan hilang, kesalahan manipulasi tidak langsung, kesalahan masalah hirarki keterampilan, dan kesalahan selain kategori di atas. Hasil analisis data menunjukkan 47,65% siswa melakukan kesalahan prosedur tidak tepat, 19,75% kesalahan selain kategori di atas, 15,67% kesalahan kesimpulan hilang, 12,57% kesalahan masalah hirarki keterampilan, dan 4,38% kesalahan manipulasi tidak langsung. Penyebab siswa melakukan kesalahan prosedur tidak tepat adalah siswa tidak memahami maksud dari soal, kesalahan kesimpulan hilang adalah siswa lupa tidak menuliskan kesimpulan, kesalahan manipulasi tidak langsung adalah siswa melihat jawaban teman, kesalahan masalah hirarki keterampilan adalah siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan, dan penyebab kesalahan selain kategori di atas adalah siswa bingung cara apa yang akan ditempuh untuk menyelesaikan soal. | en_US |