dc.description.abstract | Strategi pembelajaran Index Card Match(ICM) adalah salah satu strategi pembelajaran yang dapat meninjau ulang materi
pelajaran dan membuat siswa aktif serta melibatkan siswa secara berpasangan dengan cara mencari pasangan kartu index
yang diterima masing-masing siswa. Kartu tersebut berisi jawaban dan sebagian lagi berisi soal. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar
terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2013/2014. Subjek
penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) memberikan pengaruh yang sangat signifikan
terhadap motivasi belajar siswa yaitu aspek Attention (p = 0,003), Relevance (p = 0,004), Confidence (p = 0,003) dan
Satisfaction (p = 0,002) serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang
ditunjukkan dari hasil uji ANAKOVA yaitu hasil belajar kognitif (p = 0,043) dan hasil belajar afektif (p = 0,003). Selain
itu ada hubungan antara peningkatan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa (p = 0,019). | en_US |