Show simple item record

dc.contributor.authorRois Amrullah Akbar
dc.contributor.authorPujiastuti
dc.contributor.authorSulifah Aprilya H
dc.date.accessioned2015-10-06T01:55:34Z
dc.date.available2015-10-06T01:55:34Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64059
dc.description.abstractStrategi pembelajaran Index Card Match(ICM) adalah salah satu strategi pembelajaran yang dapat meninjau ulang materi pelajaran dan membuat siswa aktif serta melibatkan siswa secara berpasangan dengan cara mencari pasangan kartu index yang diterima masing-masing siswa. Kartu tersebut berisi jawaban dan sebagian lagi berisi soal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan media gambar terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Index Card Match (ICM) memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap motivasi belajar siswa yaitu aspek Attention (p = 0,003), Relevance (p = 0,004), Confidence (p = 0,003) dan Satisfaction (p = 0,002) serta berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa yang ditunjukkan dari hasil uji ANAKOVA yaitu hasil belajar kognitif (p = 0,043) dan hasil belajar afektif (p = 0,003). Selain itu ada hubungan antara peningkatan motivasi belajar terhadap hasil belajar biologi siswa (p = 0,019).en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.subjectmedia gambaren_US
dc.subjectmotivasien_US
dc.subjectstrategi pembelajaranen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match(ICM) denganen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record