dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Penelitian ekperimental dengan menggunakan desain pre-test post-test control group design ini dilaksanakan di kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Strategi AMBT merupakan strategi yang berguna untuk membimbing siswa berinteraksi dengan teks yang berlandaskan pada pendekatan proses membaca. Proses membaca tersebut dimulai dengan tahap prabaca, saat baca, dan pascabaca. Dalam penelitian ini, tahap pasbaca dilakukan dengan membaca teknik oleh siswa secara bergilir sedangkan siswa yang lainnya menyimak. Rumusan masalah dalam penelitian adalah adakah pengaruh penggunaan Strategi Aktivitas Membaca Berpikir Terbimbing dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Populasi dalam penelitian adalah kelas IV dengan jumlah 71 siswa yang terdiri atas 35 siswa kelas IV A dan 36 siswa kelas IV B. Responden penelitian ditentukan setelah uji homogenitas. Diperoleh harga t0 = 0.112 yang dikonsultasikan dengan harga tt dengan dbd = 69 pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.997, sehingga diperoleh nilai t0 < tt (0.112 < 1.997). Dengan demikian hipotesis nihil diterima, yaitu tidak ada perbedaan mean yang signifikan sehingga populasi dinyatakan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Diperoleh harga t0 = 2.548 yang dikonsultasikan dengan harga tt dengan db = 69 pada taraf signifikansi 5% yaitu 1.669, sehingga diperoleh nilai t0 > tt (2.548 > 1.669). Dengan demikian hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi AMBT dengan membaca teknik terhadap hasil belajar membaca intensif siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. | en_US |