dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Kurikulum 2013 pada pembelajaran matematika yang berlangsung di SMPN 3 Jember kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Matematika kelas VII dan tiga peserta didik kelas VIIDalam pelaksanaan penelitian, analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan Data yang dianalisis antara lain lembar observasi kegiatan belajar mengajar, angket, hasil wawancara dan lembar observasi RPP. Pada hasil penelitian yang dilakukan peneliti terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika menunjukkan bahwa RPP yang telah disusun oleh guru matematika kelas VII SMPN 3 Jember belum sepenuhnya sesuai dengan indikator penyusunan RPP Kurikulum 2013, masih ada beberapa komponen yang perlu diperbaiki. Guru matematika juga telah melakukan langkah-langkah pendekatan saintifik yang sesuai dengan indikator pendekatan saintifik, serta guru juga telah melakukan penilaian autentik. Kendala yang dialami dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran matematika yaitu persiapan pelaksanaan Kurikulum 2013, sumber belajar, kesiapan peserta didik, dan penilaian. Namun kendala yang dialami dapat diselesaikan dengan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru, peserta didik dan sekolah. | en_US |