Show simple item record

dc.contributor.authorRina Widanti
dc.contributor.authorImam Muchtar
dc.contributor.authorSyarifuddin
dc.date.accessioned2015-10-05T08:29:55Z
dc.date.available2015-10-05T08:29:55Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64023
dc.description.abstractAbstrak Pembelajaran PKn di kelas IVB SDN Mumbulsari 01 masih menggunakan pembelajaan konvensional yakni ceramah dan penugasan. Hal tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan tersebut, perlu dilakukan suatu tindakan alternatif berupa penerapan teknik pembelajaran lain yang mengutamakan keaktifan siswa dan memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan, penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mumbulsari 01 melalui penerapan teknik mind mapping pada pembelajaran PKn pokok bahasan sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan di kelas IVB SDN Mumbulsari 01 dengan subjek penelitian 26 siswa yang terdiri atas 13 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara klasikal aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 72,43% (kategori aktif) kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase aktivitas belajar mencapai 76,7% (kategori aktif). Hasil tes belajar yang diperoleh siswa rata-rata naik sehingga hasil belajar siswa secara klasikal juga meningkat. Persentase rata-rata hasil belajar klasikal siswa pada siklus I mencapai 61,3% dengan 6 siswa baik, 7 siswa cukup baik, 3 siswa kurang baik dan 8 siswa sangat kurang baik dan pada siklus II mencapai 74,9% dengan 10 siswa dengan hasil belajar sangat baik, 9 siswa dengan kriteria baik dan 6 siswa dengan kriteria hasil belajar cukup baik. Peningkatan yang terjadi dari siklus 1 ke siklus II adalah 13,6%. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik mind mapping adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectTeknik mind mappingen_US
dc.subjectaktivitas belajar siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.subjectsistem pemerintahan kabupatenen_US
dc.subjectkota dan provinsien_US
dc.titlePenerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pembelajaran Pkn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi di SD Negeri Mumbulsari 01en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record