Show simple item record

dc.contributor.authorNIASARI, Rina Asih
dc.contributor.authorUMAMAH, Nurul
dc.contributor.authorSURANTO
dc.date.accessioned2015-10-05T08:23:28Z
dc.date.available2015-10-05T08:23:28Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64021
dc.description.abstractImplementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara kreatif, kritis dan analitis, serta tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran agar peserta didik dapat memaknai peristiwa sejarah yang dipelajari. Model pembelajaran Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping merupakan model pembelajaran alternatif yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk terlibat secara aktif serta memenuhi tuntutan pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar sejarah dengan menggunakan model Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Klakah. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Februari hingga bulan April 2015. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 dengan jumlah peserta didik sebanyak 28 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping, hasil belajar pada ranah kognitif dan psikomotor peserta didik kelas XI IPS 2 di SMAN 1 Klakah meningkat. Siklus 1 aspek kognitif hasil belajar peserta didik memperoleh persentase secara klasikal sebesar 74,60%, pada siklus 2 memperoleh persentase secara klasikal sebesar 76,92% sehingga meningkat sebesar 3,30% dan pada siklus 3 memperoleh 79,17 meningkat sebesar 2,92%. Pada kegiatan pra siklus aspek psikomotor tidak ada karena belum pernah dilakukan penilaian psikomotor. Pada siklus 1 aspek psikomotor memperoleh persentase klasikal sebesar 62,20%, pada siklus 2 memperoleh persentase klasikal sebesar 73,21% meningkat 16,73%, pada siklus 3 memperoleh persentase klasikal sebesar 76,48% meningkat 5,32%. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dilengkapi teknik Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Klakahen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMODEL PROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectTEKNIK MIND MAPPINGen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Model Problem Based Learning dilengkapi Teknik Mind Mappung untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI Ips di Sma Negeri 1 Klakah Tahun Ajaran 2014-2015en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record