dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojosari 04 Jember pada mata
pelajaran IPS materi perkembangan teknologi dengan penerapan model PAIKEM menggunakan media puzzle. Secara umum
kendala yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPS di kelas IV yakni cara mengajar guru yang berpusat pada guru
dan jarang menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas IV SDN Mojosari 04
Jember yang terdiri atas 28 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Dengan penerapan model PAIKEM menggunakan media puzzle, siswa terlibat aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan dalam kegiatan belajar. Aktivitas belajar siswa dari Prasiklus sampai siklus I mengalami peningkatan sebesar
39%, sedangkan hasil belajar siswa dari prasiklus sampai siklus II meningkat sebesar 54%. Berdasarkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa penerapan model PAIKEM menggunakan media puzzle terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi di SDN Mojosari 04 Jember. | en_US |