dc.description.abstract | Pembelajaran IPA di SD Negeri Mumbulsari 1 Jember hanya menggunakan metode ceramah dan tidak pernah melakukan
eksperimen. Dampak dari kondisi ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa, oleh sebab itu dilaksanakan
pembelajaran menggunakan metode eksperimen di SD Negeri Mumbulsari 1 Jember dengan subjek berjumlah 24 siswa yang
terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Hopkins. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan. Hasil aktivitas belajar yang didapat dari siklus I ke siklus II
pada kriteria sangat aktif memiliki peningkatan 8,4%, kriteria aktif diperoleh peningkatan 4,2%, kriteria cukup aktif
mengalami peningkatan sebesar 20,8%, sedangkan kriteria kurang aktif mengalami penurunan sebesar 16,7%, sama halnya
dengan kriteria sangat kurang aktif mengalami penurunan sebesar 16,7% ke angka 0%. Hasil belajar siswa mengalami
peningkatan, yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 51,56 dan pada siklus II sebesar 74,7 sehingga
mengalami peningkatan sebesar 23,14. | en_US |