dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan
menerapkan metode discovery. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini,
peneliti berperan sebagai observer. Dari hasil observasi dan tes yang dilakukan, aktivitas dan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan pada tiap siklus. Dari hasil analisa diperoleh data sebagai berikut: aktivitas belajar siswa pada
siklus I tergolong aktif dengan skor rata-rata 71,2%. Pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan skor
rata-rata 82,7%. Selain aktivitas siswa, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus, jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa atau 56% dengan nilai rata-rata 70. Pada tahap siklus I, jumlah
siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa atau 68% dengan nilai rata-rata 71,20. Pada tahap siklus II,
jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 23 siswa atau 92% dengan nilai rata-rata 81,68. | en_US |