Penerapan Metode Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas di SDN Balung Lor 04 Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas
pada siswa kelas IV di SDN Balung Lor 04 . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Balung lor 04 Jember tahun
pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 58 siswa, yang terdiri atas 27 siswa laki-laki dan 31 siswa perempuan .
Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan metode discovery dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas
dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Balung Lor 04 Jember. Hasil penelitian pada siklus I
motivasi siswa sebesar 83,89%, dan pada siklus II rata-rata motivasi siswa sebesar 90,79% sedangkan pada siklus I hasil
belajar siswa sebesar 91,23% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 98,25%. penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa penerapan metode discovery dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar sisiwa kela IV SDN Balung Lor 04 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]