dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan metode picture and picture pada
siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa
kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.
Setelah diterapkan metode picture and picture, siswa diharapkan dapat menjelaskan petunjuk penggunaan alat dengan
memperhatikan aspek kebahasaan serta aspek nonkebahasaan. Aspek kebahasaan yang dimaksud yaitu pemilihan kata,
ketepatan ucapan, keruntutan, dan penggunaan kalimat. Aspek nonkebahasaan yaitu kelancaran, keberanian, kenyaringan,
dan gerak-gerik atau mimik. Rata-rata penguasaan siswa terhadap aspek kebahasaan dan nonkebahasaan pada siklus I
sebesar 71,4% dan meningkat menjadi 78,2% pada siklus II. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 56%
dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun
pelajaran 2013/2014. | en_US |