Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari Budi Asriningtyas
dc.contributor.authorSatrijono, Hari
dc.contributor.authorLatief, Misno A.
dc.date.accessioned2015-10-05T04:58:18Z
dc.date.available2015-10-05T04:58:18Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63935
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan metode picture and picture pada siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember dengan jumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Setelah diterapkan metode picture and picture, siswa diharapkan dapat menjelaskan petunjuk penggunaan alat dengan memperhatikan aspek kebahasaan serta aspek nonkebahasaan. Aspek kebahasaan yang dimaksud yaitu pemilihan kata, ketepatan ucapan, keruntutan, dan penggunaan kalimat. Aspek nonkebahasaan yaitu kelancaran, keberanian, kenyaringan, dan gerak-gerik atau mimik. Rata-rata penguasaan siswa terhadap aspek kebahasaan dan nonkebahasaan pada siklus I sebesar 71,4% dan meningkat menjadi 78,2% pada siklus II. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 56% dan meningkat menjadi 76% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2013/2014.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectaspek kebahasaanen_US
dc.subjectaspek nonkebahasaanen_US
dc.subjectketerampilan berbicaraen_US
dc.subjectmetode picture and pictureen_US
dc.titleMeningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Metode Picture And Picture Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record