dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak
siswa kelas V melalui media audio visual. Hal ini dikarenakan di SDN Sumberlesung 04 Jember kemampuan menyimak
intensif siswa masih rendah salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian terdiri atas 19 siswa. Pengumpulan data
penelitian ini meggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian melalui media audio
visual ini sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak siswa mengalami peningkatan. Hasil aktivitas belajar yang didapat
dari siklus I ke siklus II pada kriteria sangat baik dan baik tersebut sebesar 10,52%, sedangkan dalam kriteria cukup baik
mengalami penurunan sebesar 21,04%, dan kriteria kurang baik tidak mengalami perubahan yaitu sebesar 0%. Rata-rata
hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,21 dan pada siklus II sebesar 78,42 sehingga mengalami peningkatan sebesar
14,21. | en_US |