Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT(Numbered Head Together) disertai Metode Eksperimen pada Pembelajaran Ipa Fisika SMP
View/ Open
Date
2014Author
BEKTIARSO, Singgih
HANIYAH, Lailatul
WAHYUNI, Sri
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dengan
model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) disertai
metode eksperimen dan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe NHT (Numbered Head Together) disertai metode eksperimen terhadap hasil
belajar fisika siswa dalam pembelajaran fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2
Gambiran. Instrumen penelitian adalah aspek kognitif produk dan kognitif proses,
afektif, dan psikomotor untuk mengukur hasil belajar siswa, dan LKS serta
penilaian observer untuk mengukur aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head
Together) disertai metode eksperimen. Data dianalisis dengan menggunakan t –
test dengan bantuan SPSS 16. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas siswa dalam
pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered
Head Together) disertai metode eksperimen yaitu sebesar 74.17 % sehingga
tergolong aktif, dan nilai p(signifikansi) hasil belajar siswa adalah 0,000 0,05 artinya
Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah; 1)aktivitas siswa selama
pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered
Head Together) disertai metode eksperimen tergolong aktif; 2) model
pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) disertai metode
eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Collections
- SRA-Education [1352]