dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grajagan 04 Banyuwangi dengan tujuan untuk meningkatakan kemampuan menyimak
siswa kelas V melalui media audio visual. Hal ini dikarenakan di SDN Grajagan 04 Banyuwangi kemampuan menyimak
siswa masih rendah salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian terdiri atas 33 siswa. Pengumpulan data
penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Pelaksanaan penelitian melalui media audio
visual ini sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Grajagan 04 Banyuwangi mengalami
peningkatan. Peningkatan pada siklus I sebesar 60,6% serta peningkatan pada siklus II sebanyak 87,8%. Pada siklus I
rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,4 dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 75.9 sehingga dapat
diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa sebesar 8,5. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Grajagan 04 Banyuwangi. | en_US |