dc.contributor.author | Putri, Ade | |
dc.contributor.author | Satrijono, Hari | |
dc.contributor.author | Suhartiningsih | |
dc.date.accessioned | 2015-10-05T04:53:48Z | |
dc.date.available | 2015-10-05T04:53:48Z | |
dc.date.issued | 2013 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63905 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa SDN 2 Battal melalui pendekatan kontekstual
dengan media objek langsung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data
menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Battal
dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil dari penelitian ini, melalui
pendekatan kontekstual dengan media objek langsung seluruh siswa dapat membuat pantun anak yang menarik tentang
berbagai tema sesuai dengan ciri-ciri pantun, sehingga semua siswa dapat mencapai aspek-aspek ketuntasan yang telah
ditetapkan. Hasil ketuntasan kemampuan menulis pantun siswa secara klasikal dari prasiklus sampai siklus II meningkat
sebesar 34%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dengan media
objek langsung terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun siswa kelas IV SDN 2 Battal | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.relation.ispartofseries | ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA; | |
dc.subject | kemampuan menulis pantun | en_US |
dc.subject | pendekatan kontekstual | en_US |
dc.subject | media objek langsung | en_US |
dc.title | Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Objek Langsung Siswa Kelas IV Semester II SDN 2 Battal Tahun Pelajaran 2012/2013 | en_US |
dc.type | Article | en_US |