IDENTIFIKASI TINGKAT KONSISTENSI IMPLEMENTASI SYNTAX PEMBELAJARAN KOOPERATIF MAHASISWA PPL BOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI KABUPATEN JEMBER
View/ Open
Date
2012Author
Resti Susanti, Widya
Subchan, Wachju
Wahyuni, Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
FKIP sebagai pencetak tenaga kependidikan harus mampu membekali dan melatih calon tenaga pendidik menjadi seorang
pendidik professional baik dari segi teori maupun praktek. Salah satu pelatihan itu melalui Program Pengalaman
Lapangan (PPL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar konsistensi implementasi syntax
pembelajaran kooperatif mahasiswa PPL biologi dan adakah hubungannya dengan hasil belajar siswa SMPN Kabupaten
Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei dan untuk penggalian data menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwasanya tipe pembelajaran kooperatif
yang digunakan responden adalah STAD (Student Teams Achievement Division) sebanyak 35,7%, TGT (Teams Games
Tournament) 28,6% dan NHT (Number Head Together) 35,7%. Untuk memaksimalkan hasil belajar, dilakukan beberapa
penggabungan tipe pembelajaran kooperatif tersebut dengan teknik pembelajaran lain, diantaranya NHT dengan picture
and picture, NHT dengan role playing, TGT dengan role playing dan STAD dengan example non example. Mahasiswa
yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT 100% memiliki tingkat konsistensi implementasi syntax
tinggi. Tetapi, mahasiswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT, 80% tingkat konsistensi implementasi
syntax tinggi dan 20% sisanya memiliki tingkat konsistensi implementasi syntax sedang. Hasil analisis menunjukkan
terdapat korelasi yang tidak signifikan (r =0,058; p=0,844) antara konsistensi implementasi syntax pembelajaran
kooperatif pada mahasiswa PPL biologi terhadap hasil belajar siswa.
Collections
- SRA-Education [1352]