Show simple item record

dc.contributor.authorWulandari, Dwi
dc.contributor.authorWahyono, Hadi
dc.date.accessioned2015-10-05T02:39:52Z
dc.date.available2015-10-05T02:39:52Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63839
dc.description.abstractArtikel ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sistem pelayanan pada supermarket Roxy Square Mandiri Land Jember. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan pelanggan yang mengantri pada supermarket roxy square mandiri land jember pada jam 10.00-12.00, 14.00-16.00, dan 18.00-21.00. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan, karena penelitian ini mengarah pada studi kasus. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan model antrian jalur berganda, kemudian dilakukan analisis perbandingan serta data yang diperoleh dari hasil observasi langsung yang dilakukan. Jumlah kasir pada Supermarket Roxy Square Mandiri Land Jember sebanyak 20 kasir tetapi jumlah kasir yang dibuka hanya 6 kasir pada kondisi sepi dan pada kondisi normal, sedangkan pada kondisi ramai 10 kasir. Hasil penelitian dengan menggunakan model antrian jalur berganda M/M/S menghasilkan jumlah kasir optimal yang dibuka pada kondisi sepi sebanyak 5 kasir, pada kondisi normal sebanyak 7 kasir, dan pada kondisi ramai sebanyak 13 kasir.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectsistem antrianen_US
dc.subjectpenelitian tindakanen_US
dc.subjectkinerja sistem pelayananen_US
dc.subjectfasilitas optimalen_US
dc.titleAnalisis Penerapan Teori Antrian Pada Supermarket Roxy Square-Mandiri Land Di Jalan Hayam Wuruk Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record