dc.description.abstract | Penelitian ini membahas di TK PGRI yang sering digunakan dalam proses pembelajaran yaitu DVD player, objek tiga
dimensi, dan poster yang dikaitkan dengan aspek perkembangan pada prestasi belajar. Media pembelajaran di TK PGRI
digunakan untuk memberikan rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini
dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Adapun permasalahannya yaitu adakah hubungan antara penggunaan media
pembelajaran dengan prestasi belajar anak usia dini di TK PGRI Desa Sepanjang Kabupaten Banyuwangi. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan prestasi
belajar anak usia dini di TK PGRI Desa Sepanjang Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan responden menggunakan teknik populasi yaitu 60 anak,
dari 34 peserta didik kelas A dan 26 peserta didik kelas B. Metode pengumpulan data menggunakan metode checklist
dengan 60 anak responden, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dihitung dengan menggunakan
product moment coefficient (pearson’s coefficient of correlatin). Hasil penelitian menunjukkan r hitung sebesar 0,66 dan
untuk N=60 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,254 diketahui bahwa ada hubungan yang cukup signifikan.
Diketahui bahwa adanya hubungan menyatakan Hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu ada hubungan antara penggunaan
media pembelajaran dengan prestasi belajar anak usia dini di TK PGRI Desa Sepanjang Kecamatan Glenmore Kabupaten
Banyuwangi Tahun Ajaran 2012-2013 | en_US |