Penerapan Pembelajaran Model Talking Stickuntuk Meningkatkan
View/ Open
Date
2014Author
Rikho Baskori
Rahayu
Chumi Zahroul Fitriyah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember dengan tujuan untuk m enerapkan model
pembelajaran Talking Stickagar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok
bahasan menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di SDN Tegalsari 01 Ambulu
Jember. Hal ini dikarenakan di SDN Tegalsari 01 Ambulu Jember terdapat permasalahan bahwa  aktivitas dan hasil
belajar siswa masih rendah dalam mengikuti pembelajaran IPS, seperti; kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan
materi, masih banyak siswa yang berbicara sendiri ketika pembelajaran berlangsung, bergurau dengan teman sehingga
kondisi  kelas  menjadi  ramai dan  kurangnya  variasi  dalam  pembelajaran  membuat  siswa  cepat  merasa  bosan .  Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus.  Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan
siklus II terdiri dari satu  pertemuan  dengan  4 tahapan  yaitu  perencanaan, pelaksanaan,  pengamatan/observasi dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 23 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10
siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.  Hasil
penelitian  menunjukkan,  skor  rata-rata  aktivitas  belajar  siswa  siklus  I  sebesar  61,11  (kategori  aktif),  mengalami
peningkatan  pada  siklus  II  menjadi  83,1  (kategori  sangat  aktif).  Skor  rata-rata  hasil  belajar  siswa  juga  mengalami
peningkatan, pada siklus I sebesar 65 (kategori cukup baik), meningkat pada siklus II menjadi78,47 (kategori baik)
Collections
- SRA-Education [1352]