• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH DENGAN METODE SAVI PADA SISWA KELAS XI

    Thumbnail
    View/Open
    REZALDI ARIE SUBEKTI.pdf (283.6Kb)
    Date
    2014
    Author
    Rezaldi Arie Subekti
    Rusdhianti Wuryaningrum
    Anita Widjajanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan menulis makalah ilmiah merupakan keterampilan yang harus dikuasai siswa SMA. Akan tetapi, yang ada di SMA Negeri 2 Genteng Kabupaten Banyuwangi keterampilan menulis makalah ilmiah pada mata pelajaran  bahasa Indonesia kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng Banyuwangi tahun 2013/2014 terendah dibandingkan kelas lainya. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan tema, sistematika, tanda baca, kata baku dan kalimat efektif. Hal tersebut ditunjukkan dari rendahnya siswa yang tuntas dalam pembelajaran materi dalam menulis makalah ilmiah kelas XI IPA 1, yakni 9 orang nilainya di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum), sisa 21 orang tidak tuntas. Untuk meningkatkan materi makalah ilmiah, maka perlu adanya tindakan dengan metode SAVI. Metode SAVI adalah pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua indra dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Penerapan metode SAVI digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis makalah ilmiah kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Genteng. Desain penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas dua siklus dimulai dari identifikasi masalah, perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, perencanaan ulang, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk memperoleh data ialah melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II, yaitu sebesar 53,3% atau sebanyak 16 siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 80% atau sebanyak 24 siswa pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAVI dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis makalah ilmiah pada kelas XI IPA 1.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63771
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository