Show simple item record

dc.contributor.authorSURANRO,
dc.contributor.authorRetno Sri Wulandari,
dc.contributor.authorNurul Umamah
dc.date.accessioned2015-10-05T01:35:02Z
dc.date.available2015-10-05T01:35:02Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63770
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar sejarah kelas X5 di SMA N 1 Pakusari tahun ajaran 2013/2014 melalui "Penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E". Pelaksanaan penelitian tindakan kelas di mulai Februari sampai Maret 2014. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X5 dengan jumlah peserta didik 38 peserta didik. Indikator dalam penelitian ini adalah keaktifan dan hasil belajar sejarah. Aktivitas pertama yang diamati adalah keaktifan belajar sejarah. Pada siklus pertama nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 72,51%, meningkat pada siklus kedua 75,41%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 78,65%. Hasil belajar peserta didik pada siklus pertama nilai rata-rata hasil belajar sejarah adalah 76,31%, meningkat pada siklus kedua 78,94%, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 81,57%. Dari deskripsi di atas disimpulkan bahwa penerapan siklus belajar (Learning Cycle) 5E den_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJARen_US
dc.subjectKEAKTIFANen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle)(Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) 5E Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Kelas X5 SMA N 1 Pakusari Tahun Ajaran 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record