Show simple item record

dc.contributor.authorPutri Nur Laily Rahmawati
dc.contributor.authorImam Muchtar
dc.contributor.authorYayuk Mardiati
dc.date.accessioned2015-10-02T02:55:48Z
dc.date.available2015-10-02T02:55:48Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63739
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SD Darul Hikmah Kranjingan Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jumlah siswa kelas V adalah 14 orang. Jumlah siswa laki-laki ada 6 siswa, dan siswa perempuan ada 8 siswa. Kondisi awal yang diperoleh peneliti, guru masih menggunakan metode mengajar yang bersifat konvensional (ceramah, tanya jawab, dan diskusi) serta belum pernah menggunakan metode problem solving dalam proses pembelajaran PKn. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode problem solving dalam pembelajaran PKn pokok bahasan menghargai keputusan bersama di SD Darul Hikmah Kranjingan Jember tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Ada empat tahap dalam setiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis dekriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas belajar siswa kelas V, pada siklus I perolehan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 74,64% termasuk pada kriteria aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,35% termasuk pada kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil analisis data mengenai hasil belajar siswa kelas V, skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 77,07 termasuk pada kriteria hasil belajar baik, sedangkan pada siklus II menjadi 86 skor termasuk pada kriteria hasil belajar sangat baik.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectMetode problem solvingen_US
dc.subjectaktivitas belajar siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.subjectmenghargai keputusan bersamaen_US
dc.titlePenerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Aktivitas Danen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record