• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Garis dan Sudut pada Siswa Kelas VII E

    Thumbnail
    View/Open
    OKTORICA CINDRA SURYANTI.pdf (276.1Kb)
    Date
    2015
    Author
    Oktorica Cindra Suryanti
    Sunardi
    Toto' Bara Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berpikir kritis merupakan tujuan pokok dalam pendidikan Indonesia sejak 1942, tetapi hanya sedikit sekolah yang mengajarkan siswanya berpikir kritis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Jember menggunakan tes pemecahan masalah pada pokok bahasan garis dan sudut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah lima siswa kelas VII-E SMP Negeri 4 Jember yang memiliki kemampuan berpikir matematika sangat kritis, kritis, cukup kritis, kurang kritis dan tidak kritis. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar kerja siswa setelah mengerjakan tes tertulis dan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa siswa telah dapat melewati indikator-indikator berpikir kritis dengan baik. Hanya saja siswa tidak terbiasa menggunakan langkah pemecahan masalah Polya, siswa merasa bingung dalam menuliskan rencana penyelesaian sehingga tidak dapat memenuhi indikator mengidentifikasi asumsi (I3). Siswa juga belum terbiasa mengerjakan permasalahan dengan menggunakan dua cara sehingga beberapa siswa merasa kesulitan dan pada akhirnya tidak dapat memenuhi indikator menemukan alternatif lain (I6). Selain itu, terdapat siswa yang kurang teliti dalam menghitung maupun dalam menuliskan nama sudut sehingga menimbulkan ambigu dan mengalami kesalahan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63720
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository