dc.description.abstract | Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kompetensi guru biologi di MTs Swasta Se-Kecamatan
Jenggawah dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa. Ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survai dan
analisis korelasi. Sampel menggunakan sampel jenuh atau total sampling. Pengumpulan d ata pada penelitian ini
menggunakan data kuesioner, observasi, wawancara, and dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa kompetensi
guru biologi di MTs Se-Kecamatan Jenggawah Jember memiliki frekuensi kompetensi pegadagogik (77%), kompetensi
pribadi (87,5%), Kompetensi sosial (83%) yang dikategorikan baik, dimana kompetensi profesional (64,25%) memiliki
kategori cukup baik. Hasil korelasi antara kompetensi pedagogik terhadap hasil belajar siswa memiliki koefisien (r) 0,294,
hasil korelasi antara kompetensi pribadi terhadap hasil belajar siswa memiliki koefisien (r) 0,279, hasil korelasi antara
kompetensi sosial terhadap hasil belajar siswa memiliki koefisien (r) 0,391, dan hasil korelasi antara kompetensi
profesional terhadap hasil belajar siswa memiliki koefisien (r) of 0,350. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi
guru (pedagogik, pribadi, sosial and profesional) memiliki korelasi cukup terhadap hasil belajar siswa | en_US |