Show simple item record

dc.contributor.authorSETIAWAN, Nuri Rizki
dc.contributor.authorSURATNO
dc.contributor.authorPUJIASTUTI
dc.date.accessioned2015-10-01T01:51:24Z
dc.date.available2015-10-01T01:51:24Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63710
dc.description.abstractGroup to Group Exchange dengan Concept Map adalah strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk mengali, menemukan, memahami dan mendeskripsikan suatu pengetahuan/konsep dengan menggunakan gagasan kreatif siswa. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar biologi pada kelas XI IPA 3 Sekolah Menengah Negeri 1 Jenggawah Jember. Indikator keterampilan berpikir kreatif ada 4 yaitu kefasihan, keluwesan, orisinalitas dan penjabaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada aspek kefasihan 13,51%, keluwesan 18,25%, orisinalitas 27,03%, dan penjabaran 20,95%, adapun hasil belajar kognitif siswa meningkat sebesar 11,6, hasil belajar afektif meningkat sebesar 9,68 dan ketuntasan hasil belajar 35,13%. Kesimpulan dari penelitian ini, penerapan strategi pembelajaran Group-to-Group Exchange dengan Concept Map dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa,en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectGROUP TO GROUP EXCHANGEen_US
dc.subjectCONCEPT MAPSen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KREATIFen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectKETUTANTASAN HASILen_US
dc.titlePenerapan Strategi Pembelajaran group to Group Exchange(GGE)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record