Show simple item record

dc.contributor.authorNinik Sarofah
dc.contributor.authorTitin Kartini
dc.contributor.authorRetna Ngesti
dc.date.accessioned2015-09-30T08:14:23Z
dc.date.available2015-09-30T08:14:23Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63687
dc.description.abstractProses pembelajaran dikatakan berhasil apabila penggunaan model pembelajaran sesuai dan tepat dengan materi yang akan disampaikan. Model pembelajaran blended learning merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang sesuai untuk materi pengelolaan koperasi untuk siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri Arjasa Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumen. Berdasarkan penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat diketahui skor kemandirian dan hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Blended Learning skor kemandirian  dan hasil belajar sebesar 1,90 dan 66,66% sedangkan skor kemandirian dan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 2,54 dan 71,875%, serta skor kemandirian dan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 3,18 dan 87,5%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa secara individul maupun secara klasikal. Selain itu penelitian ini menyarankan agar guru  hendaknya terus memvariasi model pembelajaran yang diterapkan di kelas.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectBlended learningen_US
dc.subjectKemandirianen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectpengelolaan koperasi.en_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODOen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record