Show simple item record

dc.contributor.authorMUJIBATUR, Rohmah
dc.contributor.authorMUCHTAR, Imam
dc.contributor.authorFITRIYAH, Chumi Zahroul
dc.date.accessioned2015-09-30T00:52:16Z
dc.date.available2015-09-30T00:52:16Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63662
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode role playing dengan media gambar pada siswa kelas V SDN Ampel 04 Wuluhan – Jember. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ampel 04 yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, studi dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan metode role playing dengan media gambar.Skor aktivitas belajar siswa pada prasiklus yaitu 40,18 (cukup aktif). Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 65,92 (aktif) dan pada siklus II meningkat menjadi 80,80 (sangat aktif). Sementara itu, hasil belajar siswa pada prasiklus yaitu 67,29 (cukup baik). Kemudian pada siklus I menjadi 73,58 (baik) dan pada siklus II menjadi 80,04 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Ampel 04 Wuluhan – Jember tahun ajaran 2013/2014en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectMETODE ROLE PLAYINGen_US
dc.subjectMEDIA GAMBARen_US
dc.titlePenerapan Metode Role Playing dengan Media Gambar untuk Meningkatkanen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record