Show simple item record

dc.contributor.authorMirza Satria
dc.contributor.authorShulton Masyhud
dc.contributor.authorNanik Yuliati
dc.date.accessioned2015-09-29T01:44:18Z
dc.date.available2015-09-29T01:44:18Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63651
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas ekperimen dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (model konvensional) pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa. kelas IV dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan mendeskripsikan panca indera dengan fungsinya di SDN Padomasan 1 Jember. Penggunaan model pembelajaran jigsaw bertujuan agar guru dapat menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah dan siswa tidak bosan dalam menerima pelajaran karena adanya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran kurang inovatif, siswa sering merasa bosan terhadap model pembelajaran yang monoton sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experimental research ) dengan subjek penelitian terdiri atas 26 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Padomasan 1 Jember. Adapun selisih rata-rata hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 30,77. Selisih rata-rata nilai kedua kelas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 21.00 diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 6,261 > 2,009 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjecthasil belajar,en_US
dc.subjectpembelajaraan kooperatifen_US
dc.subjectmodel pembelajaran kooperatif jigsawen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record