dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas ekperimen dan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw (model konvensional) pada kelas kontrol terhadap hasil belajar siswa. kelas IV dalam mata pelajaran IPA pokok bahasan mendeskripsikan panca indera dengan fungsinya di SDN Padomasan 1 Jember. Penggunaan model pembelajaran jigsaw bertujuan agar guru dapat menjelaskan materi pelajaran dengan lebih mudah dan siswa tidak bosan dalam menerima pelajaran karena adanya model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran kurang inovatif, siswa sering merasa bosan terhadap model pembelajaran yang monoton sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experimental research ) dengan subjek penelitian terdiri atas 26 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Padomasan 1 Jember. Adapun selisih rata-rata hasil post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 30,77. Selisih rata-rata nilai kedua kelas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara hasil pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 21.00 diperoleh bahwa hasil t hitung > t tabel yaitu 6,261 > 2,009 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. | en_US |