• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dalam Pembentukan Konsep Fisika Siswa SMA di Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    MILLATHINA PUJI UTAMI.pdf (258.4Kb)
    Date
    2015
    Author
    UTAMI, Millathina Puji
    INDRAWATI
    SUTARTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model CLIS pada materi fisika baru (elastisitas dan hukum Hooke) terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa dan keterampilan proses sains di SMA Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan selama 7-21 Januari 2015, menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain tes, observasi, portofolio, dokumentasi, dan wawancara. Hasil belajar fisika siswa diperoleh dari skor post test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain post test only control design, sedangkan keterampilan proses sains diperoleh dari observasi dan lembar kegiatan siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Independent Sample T-Test untuk hasil belajar kognitif fisika siswa dan analisis deskriptif untuk persentase keterampilan proses sains. Hasil Sig. (2-tailed) pada pertemuan pertama adalah 0,000 dan 0,000 pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa model CLIS berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran fisika materi baru di SMA Kabupaten Jember. Persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen pada pertemuan pertama adalah 90,63% dan 89,41% pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model CLIS termasuk dalam kriteria baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63650
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository