Show simple item record

dc.contributor.authorAGUSTININGSIH,
dc.contributor.authorIstiqfaroh,
dc.contributor.authorSinggih Bektiarso
dc.date.accessioned2015-09-28T00:37:16Z
dc.date.available2015-09-28T00:37:16Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63613
dc.description.abstractPeran pendidikan penting untuk mencetak generasi penerus bangsa yang mampu menjawab tantangan era globalisasi. Maka guru sebagai pihak yang berperan langsung dalam mendidik siswa harus dapat menciptakan iklim belajar yang mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk menerapkan pendekatan pembelajaran yang variatif dan memperhatikan gaya belajar siswa yaitu pendekatan VAK (visualization auditori kinesthetic). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan VAK terhadap hasil belajar IPA kelas III di SD Negeri Puger Kulon 01 Jember. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra experimental dengan post test only control group design. Sampel penelitian ditentukan melalui uji homogenitas dan teknik random terhadap populasi berdasarkan hasil belajar IPA pada semester ganjil. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Puger Kulon 01 dengan populasi yang terdiri dari tiga kelas dan dipilih dua kelas secara random untuk ditentukan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan t hitung= 4,419, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,667, sehingga thitung>ttabel yaitu 4,419 > 1,667. Selain itu uji ER menunjukkan bahwa penerapan pendekatan VAK lebih efektif 18,99% dari pada pembelajaran ceramah dan penugasan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pendekatan VAK terhadap hasil belajar IPA kelas III SD Negeri Puger Kulon 01 Jemberen_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectEKSPERIMENen_US
dc.subjectKONTROL,en_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.subjectPENDEKATAN VAKen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Pendekatan VAK (Visualization Auditori Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SD Negerin Puger Kulon 01 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record